Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau
perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran
yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses
pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis
perbedaan antara pembeli di pasar.
Faktor
penetapan
Dalam penetapan segmentasi pasar, terdapat beberapa hal yang
menjadi dasarnya yaitu:
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
·
Variabel geografi
Variabel
tersebut, antara lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
·
Variabel demografi
Variabel
tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan,
dan lainnya.
·
Variabel psikologis
Variabel
tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Variabel
tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian,
status kesetiaan dan sikap pada produk.
Dasar–dasar segmentasi pada pasar industri
·
Tahap 1, yaitu menetapkan
segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya
langganan.
·
Tahap 2, yaitu sikap terhadap
penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
Syarat
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu:
·
Dapat diukur
·
Dapat dicapai
·
Cukup besar atau cukup
menguntungkan
·
Dapat dibedakan
·
Dapat dilaksanakan
Tingkat
Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap
pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi
pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
·
Pemasaran massal
Pemasaran
massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal,
dan promosi massal
untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
·
Pemasaran segmen
Pemasaran
segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku
pembelian.
·
Pemasaran ceruk
Pemasaran
ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-group di
dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan
lebih sempit.
·
Pemasaran mikro
Praktik
penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu
atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan
pemasaran individu.
Pola Segmentasi Pasar
·
Preferensi homogen. Suatu pasar
yang semua konsumennya kurang lebih mempunyai preferensi yang sama.
·
Preferensi tersebar. Kebalikan
dari sebelumnya, suatu pasar menunjukkan bahwa pilihan konsumen terpencar ke
seluruh penjuru. Apabila terdapat satu merek produk, maka kemungkinan besar
produk tersebut ditempatkan di tengah agar bisa memikat sebagian besra
konsumen. Apabila pesaing baru datang, maka ia akan menempatkan diri di dekat
mereka pertama dan mereka akan saling berebut pangsa pasar.
·
Preferensi mengelompok.
Terdapat kemungkinan lain bahwa di dalam pasar terdapat pengelompokan
selera/pilihan yang tegas. Perusahaan pertama yang beroperasi di pasar
mempunyai tiga pilihan, ia dapat menempatkan diri di tengah dengan harapan bisa
menarik tiga kelompok yang ada. Pilihan kedua adalah menempatkan produk pada
segmen pasar yang terbesar, dan dinamakan pemasaran terpusat. Pilihan ketiga
adalah perusahaan mengembangkan beberapa merek yang masing-masing ditempatkan
pada segmen tertentu atau disebut pemasaran serba-neka.
Manfaat
Manfaat dari segmentasi pasar adalah:
·
Penjual atau produsen berada
dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
·
Penjual atau produsen dapat
menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda,
sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai
segmen.
·
Penjual atau produsen dapat
mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
No comments:
Post a Comment