Contoh Soal Analisa Pasar
Soal-soal Pilihan gandanya sbb:
1. Mengapa kita perlu menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut sebagai dasar mempelajari analisis dan riset pasar?
a. Karena penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianut akan membuat kita bersungguh-sungguh dalam mempelajari semua ilmu khususnya ilmu tsb di atas.
b. Sholat itu penting.
c. Mereka yang tidak pernah sholat dengan benar (muslim) tidak akan jujur analisis dan riset pasarnya.
d. jawaban a dan c benar.
e. Jawaban a, b dan c benar
2. Sebagaimana diajarkan dalam Al Qur’an tentang pentingnya membaca (iqro). Ajaran agama akan menjadi dasar yang bagus untuk mempelajari analisis dan riset pasar., maka ....
a. Agama Islam mengajarkan untuk bersungguh-sungguh dalam belajar (man jadda wajada = siapa yang bersungguh, maka ia akan berhasil). Menghormati guru, mengikuti anjuran guru selagi benar, dll
b. Menganalisis setiap gerakan sholat.
c. Meneliti mengapa muslim tidak boleh memakan makanan yang haram.
d. Jawaban a dan b benar.
e. Jawaban a, b dan c benar.
3. Contoh-contoh analisis dan riset pasar yang didasari oleh penghayatan dan pengamalan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
a. Menganalisis dan meriset masalah kemiskinan di Belitung dengan jujur.
b. Menganalisis dan meriset masalah pertambangan timah darat di Belitung dengan disiplin dan jujur.
c. Menganalisis dan meriset masalah kebiasaan beribadah sholat Zhuhur siswa-siswa SMK Negeri 1 dengan penuh tanggung jawab, santun, responsif.
d. Jawaban a dan c benar.
e. Jawaban a, b dan c benar.
4. Ada lima konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran, yaitu:
a. Segmentasi pasar
b. Penentuan posisi pasar (market positioning).
c. Strategi memasuki pasar (market entry strategy).
d. Strategi marketing mix.
e. Jawaban a, b, c dan d benar.
5. Segmentasi pasar merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda. Dalam setiap segmen terdapat pembeli-pembeli yang mempunyai ....
a. Kebutuhan (needs) yang berbeda-beda.
b. Pola pembelian yang berbeda-beda.
c. Tanggapan yang berbeda-beda terhadap berbagai macam penawaran.
d. Jawaban a dan b benar.
e. Jawaban a, b dan c benar.
6. Tidak ada satupun perusahaan yang dapat mencapai pasar dengan memuaskan ….
a. Semua pembeli.
b. Pemiliknya.
c. Pemasoknya.
d. Distributornya.
e. Pemerintah daerahnya.
7. Dasar-dasar yang dapat dipakai untuk segmentasi pasar adalah faktor….
a. Demografi.
b. Geografis.
c. Sosiologis.
d. Psikologis.
e. Jawaban a, b, c dan d benar semua.
8. Faktor demografis segmentasi pasar dapat berupa unsur….
a. Umur.
b. Jenis kelamin.
c. Agama.
d. Jawaban a dan b.
e. Jawaban a, b, dan c benar.
9. Ada syarat-syarat agar kegiatan segmentasi pasar kita efektif (berhasil), yaitu:
a. Measurability.
b. Accessibility.
c. substantiality.
d. Jawaban a dan c benar.
e. Jawaban a, b dan c benar.
10. Marion Harper mengatakan bahwa mengelola bisnis dengan baik adalah mengelola masa depan, dan mengelola masa depan adalah ....
a. membuat rencana.
b. belajar sungguh-sungguh.
c. membeli saham.
d. menuntut ilmu setinggi mungkin.
e. mengelola informasi.
11. Manajemen (pengelola) perusahaan/organisasi harus selalu mengembangkan dan memelihara sistim informasi serta mempunyai keterampilan untuk melaksanakan ….
a. riset pemasaran.
b. penjualan.
c. rencana kerja.
d. pengamatan perusahaan dan pesaing.
e. wawancara dengan pelanggan.
12. Sepanjang sejarah perusahaan-perusahaan, manajemen telah mencurahkan sebagian besar perhatiannya untuk mengelola manusia, modal, material, dan mesin, tetapi melupakan unsur penting yang kelima yaitu ....
a. pelanggan.
b. pinjaman dari bank.
c. informasi.
d. pasar produknya,
e. relasi bisnis.
13. Perkembangan pemasaran dari usaha yang tadinya bersifat lokal ke regional/nasional bahkan internasional perlu didukung oleh ....
a. modal yang besar.
b. pegawai yang banyak.
c. informasi yang akurat.
d. penjualan yang tinggi.
e. data masa lalu.
14. Suatu perusahaan seharusnya mempunyai struktur yang berlanjut dan saling berkait dari orang, peralatan dan prosedur yang ditujukan untuk mengumpulkan, menyaring, menganalisis dan membagikan informasi yang spesifik, tepat waktu dan cermat untuk digunakan oleh manajemen pemasaran, dikenal sebagai....
a. sistim informasi perusahaan.
b. sistim manajemen usaha.
c. manajemen informatika.
d. teknologi informasi pasar.
e. sistim informasi pemasaran.
15. Riset pemasaran adalah salah satu dari empat komponen ....
a. sistim informasi perusahaan.
b. sistim manajemen usaha.
c. manajemen informatika.
d. teknologi informasi pasar.
e. sistim informasi pemasaran
16. Untuk mengantisipasi perkembangan persaingan yang semula dititik beratkan pada harga ke persaingan bukan harga, maka sangat diperlukan ....
a. teman bisnis.
b. pedagang besar yang handal.
c. pengecer yang cekatan.
d. penelitian yang canggih.
e. informasi yang benar.
17. Perkembangan orientasi (arah) usaha perusahaan/organisasi yang semula dari kebutuhan pembeli menjadi keinginan pembeli, sangat membutuhkan ....
a. modal yang besar.
b. pegawai yang banyak.
c. informasi yang akurat.
d. penjualan yang tinggi.
e. data masa lalu.
18. Disain, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sistematis atas data dan segala penemuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan, disebut sebagai....
a. sistem intelijen pemasaran.
b. riset pemasaran.
c. sistem pemasaran analisis.
d. sistem pelaporan internal.
e. jawaban a, b, c dan d benar semua.
19. Ruang lingkup riset pemasaran meliputi....
a. penentuan karakteristik pasar.
b. pengukuran potensi pasar.
c. analisis pangsa pasar.
d. analisis penjualan.
e. semua jawaban benar.
20. Perusahaan yang menghimpun informasi tentang konsumen dan perdagangan secara periodik untuk kemudian menjualnya kepada kliennya, dikenal sebagai perusahaan ....
a. sindikat jasa riset.
b. riset pemasaran menurut pesanan.
c. riset pemasaran khusus.
d. sindikat riset khusus.
e. jasa riset khusus.
No comments:
Post a Comment